Batik Druju Malang

Kegiatan Membatik di Batik Druju

Indonesia mempunyai berbagai macam kebudayaan. Kebudayaan di Indonesia memiliki keunikan masing-masing. Salah satunya batik , batik adalah karya seni yang dibuat di atas kain yang teknik  pengerjaannya melalui proses penutupan dengan bahan lilin dan menggunakan alat canting.Batik juga terbagi menjadi beberapa jenis, diantaranya batik tulis dan batik cap. Batik Druju adalah salah satu contoh batik tulis dan batik cap yang cukup terkenal. Pusat kerajinan batik ini berada di daerah Sumbermanjing Wetan ,Malang Selatan.

Untuk membuat batik pasti melewati beberapa proses/ tahapan.Proses inilah yang menjadi kegiatan utama dalam studi wisata.Proses membuat batik dimulai dari membuat pola menggunakan pensil. Kemudian pola tersebut dicanting, setelah dicanting batik dicuci menggunakan sabun. Sesudah dicuci mulailah proses pewarnaan dan pelunturan malam.Setelah seluruh proses telah selesai , maka dilanjutkan dengan proses pengeringan batik.

Sesudah mengetahui proses/tahapan , kita juga perlu tahu alat-alat yang digunakan untuk membatik. Alat-alat yang digunakan antara lain: canting,kompor minyak,wajan,jemuran,baskom,panci. Dari alat-alat diatas yang menarik adalah canting.Canting adalah alat yang digunakan menulis dengan menggunakan lilin untuk membuat motif. Canting ada dua macam yaitu canting isen dan canting reng-rengan.

Orang-orang yang membuat batik sangat terampil sekali. Yang mencanting sudah terbiasa terkena lilin panas. Bagian yang memberi warna sudah terbiasa terkena air panas dan pewarna kain.Karena itu batik merupakan karya yang bernilai seni tinggi.

Oleh karena itu kita harus melestarikan batik sebagai salah satu kebudayaan Indonesia.Dengan cara bangga mengenakan pakaian bermotif batik nusantara.Supaya batik dapat terus lestari walau tergerus jaman.Akhir kata, marilah kita menjaga dan melestarikan batik Indonesia.

Comments

Popular Posts