Script See: Kiat-Kiat Menyusun Skripsi

Dokumentasi Bimbingan bersama Dosen 

Salah satu momen paling menegangkan sebagai mahasiswa akhir ialah mengerjakan skripsi. Banyak tantangan dan peluang dalam satu kesempatan yang bikin kepala geleng-geleng. Setidaknya itu yang aku alamin. Dari penentuan topik, ide, teori, sampai uji data harus benar-benar dilakukan dengan sungguh-sungguh agar setiap pilihan yang diambil menjadi opsi terbaik. Pada kesempatan ini, aku ingin berbagi perjalanan menulis skripsiku sebagai sharing pengalaman untuk menjadi evaluasi diri aku sendiri dan semoga bisa bermanfaat. 

📍 Pra-Penulisan

Agustus-September: berkomunikasi dengan dospem dan diskusi perihal topik potensial bahasan skripsi. Di tahap ini, aku coba susun draft kerangka untuk bisa kasih gambaran arah risetnya. Pastikan di tahap "meramu" kita sudah menentukan jenis penelitian (kuantitatif/kualitatif) dan pastikan kita bisa memperoleh data. 

📍Penulisan Bab 1-3

Oktober: menyusun bab 1-3 secara bertahap dengan tempo pengerjaan per minggu per bab.

Bab 1: isu terkini, masalah yang akan diangkat, tujuan, celah penelitian 

Bab 2: teori, kenalkan istilah, studi terdahulu

Bab 3: metode, data, teknik analisis

✍️Tips: di tahap ini penting sekali untuk cari referensi jurnal dengan jumlah yang "cukup dan berkualitas", pelajari gaya penulisan dan catat setiap informasi kutipan agar memudahkan saat melakukan sitasi dan penyusunan daftar pustaka. Selain itu, usahakan selalu bimbingan bersama di tahap ini (satu bimbingan dosen yang sama). Tujuannya agar bisa saling koordinasi bagian apa saja yang perlu diperbaiki masing-masing dan menguatkan satu sama lain agar semangat kerjain tidak kendor. Setiap bimbingan lakukan revisi pada bab sebelumnya dan lanjut kerja bab selanjutnya. 

📍Penulisan Bab 4

November: pengumpulan data (2 minggu), pengolahan & analisis data (1 minggu), dan interpretasi hasil (2 minggu)

✍️Tips: Pastikan data itu bisa diakses dan diolah dengan waktu yang cukup. Kondisi yang aku alami, aku menggunakan data sekunder dengan regresi data panel. Apabila memilih kuantitatif, lakukan uji statistik pendahuluan untuk dapat gambaran apakah data kita "sehat atau tidak." Hal ini berguna agar kita bisa cari "obat" yang tepat dengan cepat untuk setiap gejala "sakit" yang ada (baca: penyakit asumsi klasik). Apabila menempuh jalur kualitatif, pastikan kamu punya perencanaan waktu yang baik untuk setiap narasumber dan kajian yang kamu elaborasi. Pastikan sudah siap untuk melakukan triangulasi data. 

🗣️: "Haduh, hasilnya ga berpengaruh signifikan, gagal dong ini?" 

Jangan panik dulu, pelajari dulu hubungan kausalitas antara temuan terdahulu dengan hasil yang kita dapat. Lakukan analisis akar permasalahan dan penting untuk konsultasi dengan dosen di tahap ini. Pastikan kalian memiliki kerangka pikir yang sama dengan pemahaman dosen pembimbing. Tujuannya? agar dosen bisa memberikan solusi dan pertimbangan langkah apa yang bisa kita ambil. Tidak selalu hasil uji harus sesuai ekspektasi. Pasti ada alasan dibaliknya.

📍Penulisan Bab 5 & Finalisasi

Desember: penyusunan bab 5 dan proofread (baca: baca kembali dari bab 1-akhir) 

Pada tahap ini, periksa kembali seluruh aspek kepenulisan dan pelajari keterkaitan antar paragraf, antar bab, dan antar teori-hasil termasuk daftar pustaka. Susun kesimpulan dan implikasi (baca: dampak kajian terhadap realitas)

📍Persiapan Presentasi Sidang & Hari Pelaksanaan

Januari-Februari: penyusunan berkas presentasi & pelajari kemungkinan pertanyaan substantif yang akan diajukan

✍️Tips: Buatlah presentasi dengan singkat (saran dari dosen: < 10 slide). Tujuannya? untuk memudahkan dosen penguji memahami inti saja dari slide dan penjelasan detail dari kita selaku penulis. Maka dari itu, kuasai isi skripsi dengan baik (bukan dihafal tetapi dimengerti alurnya). 

✍️🙏 Ekstra-Tips: Jangan lupa luangkan waktu untuk rileksasi, berdoa dan memohon restu orang tua ya.. segala faktor bisa saja sudah diantisipasi, tetapi faktor lainnya di luar model uji bisa saja menentukan keberhasilan sidang skripsi nanti.. 👀

Semoga membantu 😉🙏

#BisaYukBisa


Comments

Popular Posts