Kosayu Green VII “Bhakti Kosayu”


Kosayu Green merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh SMPK Kolese Santo Yusup 1 Malang sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan dan kehidupan sosial. Kosayu Green merupakan bukti keterlibatan sekolah dalam tindakan melestarikan lingkungan. Bukti keterlibatan itu sangat terlihat melalui aksi-aksi nyata yang dilakukan sekolah setiap penyelenggaraan acara ini berlangsung. Salah satunya adalah acara penanaman pohon pada Kosayu Green V. Dan pada tahun ini Kosayu Green kembali diselenggarakan kembali dengan mengusung misi kepedulian terhadap kondisi perairan khususnya laut yang makin lama tercemar oleh limbah-limbah pabrik yang tidak bertanggungjawab. Hal ini menyebabkan kehidupan makhluk hidup di perairan tersebut menjadi terancam. Oleh karena hal tersebut, Kosayu Green VII menyuarakan secara tegas untuk menjaga wilayah perairan. Tidak hanya bersuara, namun juga ada tindakan yang dilakukan, yaitu dengan menyebar 1000 bibit ikan bandeng di Waduk Karangkates, Kabupaten Malang.  Dan puncaknya pada hari Minggu, 13 Desember 2015 Kosayu Green VII resmi digelar dengan berbagai macam kegiatan menarik. Diantaranya lomba-lomba bagi pelajar tingkat SD, pentas seni, demo ekstrakulikuler, dan aneka bazaar siswa. Acara dimulai dari pukul 07.30 dengan penampilan dari band HIMusical kemudian berlanjut dengan doa yang dipimpin oleh Bpk. Landip. Kemudian bersambung dengan Sambutan dari Ketua Panitia Kosayu Green VII Bu. Yesicha, dan Sambutan dari Bpk. Lindung selaku Kepala Sekolah. Acara resmi dibuka pukul 08.00 oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Sekolah.
Setelah itu lomba-lomba mulai dilaksanakan diantaranya Kosayu Brain Competition (Lomba Sains), Kosayu Vocal Competition (Lomba Menyanyi), lomba menulis cerpen, dan lomba cipta karya. Tidak hanya lomba-lomba, Kosayu Green tahun ini juga menyuguhkan pameran karya seni lukis. Pameran ini dapat dijumpai ketika kita memasuki pintu gerbang Thamrin. Di sana kita dapat melihat berbagai karya seni lukis yang indah dan menawan hasil karya para peserta ekskul seni lukis. Bergeser ke kanan ada pameran mading buatan tim jurnalistik yang bertemakan “SAVE OUR SEA”.
Selain pameran dan stand ekstrakulikuler, juga terdapat aneka bazaar makanan dan minuman. Bazaar ini dikelola oleh setiap kelas dengan bantuan para wali murid. Makanan dan minuman yang dijual sangat bermacam-macam dan tentunya sangat menggugah selera makan. Harga yang ditawarkan pun lumayan murah dengan porsi yang cukup memuaskan.
Acara juga dimeriahkan oleh penampilan band, solo vocal, dan demo ekstrakulikuler yang sangat menarik untuk diikuti. Salah satunya adalah penampilan grup music (band) binaan dari ekskul Band Kosayu 1. Diantaranya HI Musical dan Girliest Band.
Keterlibatan saya di acara ini sebagai penjaga stand ekstarkulikuler pembinaan olimpiade TIK. Stand Olimpiade TIK terletak di depan Gua Maria. Di stand ini saya bertugas untuk mendemokan secara live cara membuat program Pascal sederhana. Tidak hanya demo, di stand ini para pengunjung  juga dapat mengenal secara umum  bahasa pemrograman  lewat ppt video, tutorial video, ataupun lewat mading yang ditempelkan di papan.
Nilai yang dapat diambil dalam Kosayu Green VII adalah rasa kepedulian terhadap lingkungan sekitar (alam maupun sosial), tanggung jawab, kerjasama, dan tentunya jiwa kewirausahaan melalui kegiatan bazaar.

Sekian laporan mengenai liputan kunjungan saya ke Kosayu Green VII. Saya berharap agar acara ini dapat terus berlangsung setiap tahunnya dan juga dapat bermanfaat bagi banyak orang untuk senantiasa melestarikan bumi, air, dan lingkungan kita.
Nelwan Satria Putra
(Tugas IPS Tahun 2015)

Comments

Popular Posts